Kiamat Semakin Dekat

KITA mengakui bahwasanya kiamat pasti akan terjadi. Hanya kedatangannya tak ada yang pernah tahu. Menjadi hal yang ghaib untuk ditelusuri, sebab hanya Allah SWT sajalah yang mengetahuinya. Bahkan, para Rasul pun tak mengetahui kedatangannya. Meski begitu, Rasulullah SAW pernah berkata bahwasanya kiamat kian dekat.


Disebutkan dalam sebuah riwayat, Rasulullah SAW bersabda, “Aku diutus, sedangkan antara aku dan Kiamat seperti jarak antara ini dan ini (dua jari beliau), bahkan hampir saja mendahuluiku.”

Hadis ini menunjukkan kiamat sudah semakin dekat, jika dibandingkan dengan waktu yang telah dilalui dunia. Allah SWT berfirman, “Telah semakin dekat kepada manusia perhitungan amal mereka, sedang mereka dalam keadaan lalai (dengan dunia), berpaling (dari akhirat),” (QS. Al-Anbiya: 1).“Telah pasti datangnya ketetapan Allah. Maka janganlah kamu meminta agar disegerakan (datang) nya. Maha suci Allah dan Maha Tinggi dari apa yang mereka persekutukan,” (QS. An-Nahl: 1).

“Orang-orang yang tidak beriman kepada hari kiamat meminta supaya hari itu segera didatangkan dan orang-orang yang beriman merasa takut kepadanya dan mereka yakin bahwa kiamat itu adalah benar (akan terjadi). Ketahuilah bahwa sesungguhnya orang-orang yang membantah tentang terjadinya kiamat itu benar-benar dalam kesesatan yang jauh,” (QS. Asy-syuara: 18).

Dari beberapa sabda Rasul dan firman Allah SWT tersebut, jelas dikatakan bahwa kiamat pasti akan terjadi. Dan kedatangannya sudah tak bisa dielakkan lagi. Prediksi bahwasanya kiamat kian dekat itu, kini sudah mulai terlihat tanda-tandanya. Baik itu kiamat sugra yang hanya menghilangkan beberapa nyawa saja, maupun kiamat kubra, akhir dari dunia. Lalu, masihkah kita berdiam diri untuk menjemput kedatangannya? []

Referensi: Bencana dan Peperangan Akhir Zaman Sebagaimana Rasulullah SAW Kabarkan/Karya: Ibnu Katsir/Penerbit: Ummul Qura