Kisah Sedih Anak-anak Suriah Gunakan Karakter Pokemon untuk Soroti Nasib Mereka


Suriah—Anak-anak Suriah menggambar Pokemon—karakter dari game Pokemon Go, dengan harapan orang-orang akan mencari dan menyelamatkan mereka, lansir Independent, Jumat (22/7/2016).

Gambar-gambar tersebut muncul pasca lima tahun perang saudara yang telah menewaskan ratusan ribu orang, jutaan orang lainnya terpaksa meninggalkan rumah mereka

Foto-foto anak-anak Suriah sedang memegang gambar karakter Pokemon, dan meminta dunia untuk menyelamatkan mereka telah menjadi viral di internet.


Sebuah foto yang diterbitkan di Facebook menunjukkan anak-anak Suriah memegang gambar karakter Pokemon bertuliskan: “Saya di sini, datanglah, selamatkan saya”.

Geolokasi pada foto anak-anak itu menyatakan jika lokasi setiap anak berasal dari kota-kota Suriah yang berbeda-beda.

“Saya di Kafr NABL di pinggiran Idlib, datang dan selamatkanlah saya.”


Foto-foto tersebut diposting oleh Media Office Pasukan Revolusioner Suriah (RFS), kelompok yang menyebarkan pesan-pesan perlawanan terhadap rezim Presiden Bashar al-Assad.

Seorang juru bicara RFS, yang berbasis di Turki dan memiliki wartawan di kota Suriah, mengatakan: “Mayoritas media sedang mengulas game Pokemon yang sedang trend, kami memutuskan untuk mempublikasikan foto-foto ini untuk menyoroti penderitaan rakyat Suriah.”

“Kami ingin meningkatkan kesadaran dan menarik perhatian dunia pada penderitaan anak-anak Suriah di daerah terkepung, juga pada penderitaan rakyat Suriah yang diserang dan dibunuh oleh rezim Assad dan sekutunya.”

Sejauh ini, foto-foto tersebut telah dibagikan lebih dari 21.500 kali.

Sejak Pokemon Go menggila di ranah internasional, orang-orang Suriah menyatakan rasa frustrasinya bahwa penderitaan di Suriah tidak banyak diperhatikan. Perang Suriah telah berkecamuk sejak 2011, ratusan ribu tewas dan jutaan lainnya meninggalkan rumah mereka.

“Anak-anak Suriah menjadi objek pembayaran atas tindakan internasional yang apatis, diam dan tidak menghentikan mesin pembunuh Assad.”

Sumber: Islampos.com