Baru.. Diluncurkun Mesin Pencari Qur'an Seperti Google


Tim rintisan (startup) Learn Quran meluncurkan mesin pencari Quran berbahasa Indonesia dengan nama Learn Quran Tafsir sebagai inovasi pembelajaran kitab suci umat Islam di masa kini dengan cara kerja serupa dengan Google.

“Learn Quran Tafsir ini akan menjadi mesin pencari Quran terbaik dan terlengkap di dunia,” kata CEO Learn Quran Mohammad Sani lewat keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Senin (22/1).

Dia mengatakan akan terus mengembangkan aplikasi tersebut termasuk menciptakan Learn Quran versi Bahasa Inggris sehingga mampu menjangkau lebih banyak pengguna.

Saat ini, Learn Quran Tafsir dapat diakses bebas melalui perangkat ponsel cerdas, tablet maupun komputer personal melalui laman tautan tafsir.learn-quran.co.

Pengguna dapat mencari kosa kata, topik, maupun ayat-ayat tertentu di dalam Quran. Hanya dalam sepersekian detik akan muncul hasil pencarian dari jutaan kata-kata dalam Quran dan tafsirnya, sebagaimana cara kerja Google.

“Uniknya, mesin pencari Quran ini sudah mulai sedikit demi sedikit menerapkan teknologi Artificial Intelligence,” kata dia.

Pembuatan Learn Quran Tafsir dilakukan oleh sebuah tim kecil berjumlah empat orang yaitu Mohammad Sani, Denny Yusuf, Himmatul Aliyah dan Asma Nabila serta ditambah dua orang penasihat.

Dua penasihat itu adalah Alham Fikri Aji, ahli Artificial Intelligence lulusan University of Edinburgh yang pernah bekerja di Apple dan Google serta seorang ustadz muda lulusan Arab Saudi, Nur Fajri Romadhon, yang berperan sebagai penasihat konten tafsir.

“Proses pengembangannya menghabiskan waktu enam bulan, yakni sejak pertengahan tahun 2017,” kata CEO Learn Quran.

Sumber: [dmc]