Menakjubkan, Inilah Foto Penampakan Al Quran Terkecil di Dunia


Salah satu Alquran berukuran terkecil di dunia tersimpan di museum Ningxia, sebuah provinsi di pedalaman Tiongkok. Alquran itu memiliki berat hanya 1,1 gram.

Seperti dilaporkan wartawan Republika, Nasihin Masha, salah satu pegawai di Departemen Luar Negeri Partai Komunis Tiogkok, Qian Shennan menjelaskan hal itu kepada delegasi dari tiga partai Islam di Indonesia yang diundang ke Ningxia, Tiongkok. Tiga partai Islam itu adalah PAN, PKB, dan PKS. Mereka bertandang ke Yinchuan, ibukota Ningxia, untuk melihat beragam sisi kehidupan masyarakat di provinsi tersebut. Ningxia terletak di sisi tengah-utara negara Tiongkok, berbatasan dengan Provinsi Mongolia Dalam.

Ningxia merupakan provinsi otonom dan 30 persen berpenduduk dari suku Hui. Suku Hui merupakan salah satu suku di Tiongkok yang beragama Islam. Mereka memeluk agama Islam sejak masa Jalur Sutera.

Shennan menjelaskan bahwa Alquran tersebut berukuran panjang 1,96 cm, lebar 1,32 cm, dan tebal 0,61 cm. Menurutnya, Alquran itu terbit di Mesir dan kaligrafinya ditulis oleh Usman. “Sesuai dengan yang tertera di Alquran tersebut, Alquran ini dibuat pada tahun 1892,” katanya.

Alquran terkecil di dunia yang tersimpan di museum Ningxia, sebuah provinsi di pedalaman Tiongkok. Alquran itu memiliki berat hanya 1,1 gram.

Alquran ini ditemuan di reruntuhan rumah seorang pejabat di Yinchuan pada tahun 1959. Pejabat itu merupakan petinggi Partai Kuomintang di Ningxia. Kuomintang merupakan partai yang didirikan Sun Yat Sen, bapak pendiri Tiongkok modern. Namun di era Chiang Kai Shek, Kuomintang tersingkir oleh Partai Komunis Tiongkok dan lari ke Formosa. Mereka kemudian mendirikan negara Taiwan.

Melihat bentuknya, Alquran tersebut merupakan liontin, menjadi bandul kalung. Karena Alquran tersebut melekat dalam sebuah boks yang memiliki pengait berbentuk lingkaran.


Alquran terkecil di dunia tersimpan di museum Ningxia, sebuah provinsi di pedalaman Tiongkok. Alquran itu memiliki berat hanya 1,1 gram.

Alquran terkecil di dunia tersimpan di museum Ningxia, sebuah provinsi di pedalaman Tiongkok. Alquran itu memiliki berat hanya 1,1 gram.

Alquran berukuran kecil tak hanya ada di Yinchuan, Ningxia, Tiongkok. Sejumlah kolektor dan museum di berbagai belahan dunia lain juga mengklaim menyimpan Alquran terkecil di dunia.

ARAB SAUDI

Situs arabnews.com pada edisi 25 Oktober 2004 memberitakan bahwa Dr Muhammad Karim Beebani mengaku memiliki Alquran terkecil di dunia. Hal itu sesuai dengan pengakuan dari The Guinness World Records. Alquran itu dicetak di Kairo, Mesir, pada 1292 H atau 1875 M.

Alquran tersebut terdiri atas 571 halaman dengan panjang 1,7 cm, lebar, 1,28 cm, dan tebal 0,72 cm. Tiap halaman berisi 18 baris. Adapun penulis kaligrafinya adalah Ali Usman. Beebani mengaku membeli Alquran itu dari kolektor di London, Inggris. Menurutnya, Alquran tersebut menggunakan huruf gaya Maghribi dan diberi nomor Arab maupun Latin.

Beebani sendiri berdarah Pakistan dan ahli fisikan. Ia telah tinggal di Arab Saudi selama 32 tahun hingga tahun 2004 tersebut dan mengajar di Universitas King Abdul Aziz. Ia mendapat Alquran tersebut pada 2003.

Arabnews.com menyebutkan bahwa Guinness Book telah mencatat bahwa sebelum ada klaim dari Beebani, maka Alquran terkecil yang memiliki 572 halaman adalah milik Narendra dan Neera Bhatia dari Faridabad, India.

Kini, rekor ini beralih pada koleksi milik Beebani. Beebani juga menyampaikan bahwa sebuah museum di Tiongkok menyimpan Alquran yang lebih kecil daripada milik Narendra dan Neera. Namun ia mengklaim miliknya lebih kecil daripada koleksi museum di Tiongkok tersebut.

Berdasarkan data ini, Alquran di Ningxia dan Saudi tersebut dibuat oleh orang yang sama namun terbit di tahun yang berbeda. Koleksi Beebani lebih kecil daripada koleksi Museum Ningxia.

IRAN

Kantor berita Iran, Irna, seperti dikutip situs theiranproject.com juga mencatat Alquran terkecil di dunia di negeri itu. Irna menyebutkan Alquran kecil itu ada tiga buah dan kini disimpan di Perpustakaan Pusat Astan Quds Razavi. Perpustakaan tersebut berada di kota Mashad. Irna tak menyebutkan ukuran Alquran tersebut namun hanya disebutkan bahwa Alquran itu dicetak di Mesir.

UNI EMIRAT ARAB

Situs emirates247.com pada edisi 22 April 2012 juga memberitakan bahwa di Uni Emirat Arab juga terdapat salah satu Alquran terkecil di dunia. Alquran itu milik Muhannad Ameel Issa, seorang beragama Kristen. Ia mendapatkannya dari pendahulunya, yang mendapatkannya dari Yerusalem, seperti diberitakan koran Al Jazeera. Ameel membawanya dari Yerusalem ke Emirat pada 1989. Adapun Alquran tersebut berukuran lebar 8 cm dan panjang 5,1 cm. Ia memperkirakan Alquran itu berusi 400 tahun dan berisi 550 halaman. Tak ada penjelasan Alquran tersebut dicetak di mana.

Situs moroccoworldnews.com juga memberitakan hal yang sama. Situs ini memberikan tambahan bahwa Alquran tersebut ditulis dengan huruf gaya Maroko alias Maghribi.

Sejumlah kolektor dari berbagai negara – seperti Pakistan dan Malaysia — juga mengaku memiliki koleksi Alquran kecil. Museum pribadi milik seorang ayatullah di kota Qom juga memiliki koleksi Alquran berukuran mini.

Sumber: Republika [sn]