Sindiran Komikus Jepang Kepada Presiden Jokowi soal Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung


Seorang komikus Jepang dengan berani menyindir Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. mendapat sindiran telak. Onan Hiroshi, nama komikus itu, membuat coretan gambar dikomik digital yang viral di media sosial.

Dalam komik itu, Hiroshi menceritakan awal dari rencana pembangunan kereta cepat tersebut dibangun oleh Jepang. Pihak Jepang sudah melakukan studi terkait dan menyerahkan hasilnya kepada pemerintah Indonesia.

Namun, data tersebut justru diberikan kepada China yang kemudian dipercaya membangun proyek kereta cepat tersebut. Hiroshi juga menceritakan bahwa pihak China dipilih karena menawarkan proyek dengan nilai yang jauh lebih murah dibandingkan Jepang.

Tahun 2016, grounbreaking proyek tersebut dilakukan. Namun hingga kini tidak menunjukkan perkembangan siginifikan. Hiroshi menggambarkan Jokowi merayu Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe untuk membantu kelangsungan proyek tersebut lagi.

Namun pihak Jepang pun tidak terima dengan permintaan tersebut. Pasalnya, pemerintah Indonesia sudah terlanjur memilih China sebagai kontraktor proyek kereta cepat Jakarta-Bandung.
Unggahan Hiroshi di akun twitternya @hiroshionan sudah di-retweet 1.240 orang dengan 970 likes.

Sumber: [wajada.net]